Senin, 23 Mei 2011

Buku Dale Carnegie : Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain

Judul Buku      : Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain
(How to Win Friends and Influence People)
Pengarang       : Dale Carnegie
Penerjemah      : Nina Fauzia N. S
Editor              : Dr. Lyndon Saputra
Penerbit           : Binarupa Aksara
Tahun terbit     : 1995
Tebal               : 382 halaman

Buku ini pertama kali saya baca pada saat tugas kuliah "Etika Profesi". Tugas tersebut merupakan tugas kelompok untuk membahas salah satu buku yang memotivasi diri. Salah seorang anggota kelompok saya merekomendasikan buku karangan Dale Carnegie dengan judul tersebut karena dia telah membaca sebelumnya. Kami langsung setuju dan membacanya untuk pertama kali. Buku ini sangat menarik dan sangat memotivasi kami semua. 
            Pada dasarnya manusia diciptakan Tuhan sebagai makhluk sosial. Kita tidak mampu hidup secara individu di dunia ini karena satu sama lain manusia saling membutuhkan. Setiap orang pasti menginginkan hubungan yang baik dalam berhubungan dengan setiap orang lainnya terutama hubungan persahabatan. Hal ini dipengaruhi oleh bagaimana cara kita bersikap kepada orang lain.
Manusia memang memiliki tingkat keegoisan yang tinggi. Hal itulah yang membuat manusia kehilangan arah dalam bersosialisasi apabila tidak dapat menyiasati atau mengontrol sifat egois tersebut. Dalam hubungan sosial diperlukan sikap-sikap yang terkadang tidak sesuai dengan hati nurani dan langkah-langkah bagaimana menguasai diri dan mengambil hati lawan bicara kita. Hal ini penting karena dalam berhubungan sosial, kita dituntut untuk berhubungan baik tanpa adanya permusuhan, perkelahian, dan hal-hal negatif lainnya dalam menghadapi orang lain. Ada beberapa prinsip yang cukup penting untuk diperhatikan dalam berhubungan dengan orang lain. Prinsip-prinsip tersebut adalah sebagai berikut.
1.      Mengutamakan senyuman
2.      Mengingat nama orang lain
3.      Mengatur nada bicara
4.      Menjadi pendengar yang baik
5.      Menjalin kerjasama yang baik
6.      Mempertimbangkan kritikan yang tepat.
Setiap orang ingin keluar dari kebiasaan mental yang buruk, berteman dengan mudah dan cepat, meningkatkan popularitas, memikat orang lain, meningkatkan pengaruh, prestise, kemampuan dalam menyelesaikan sesuatu, dll. Prinsip - prinsip tersebut berlaku, baik  bagi seseorang yang berstatus sosial tinggi maupun seseorang yang berstastus sosial rendah. Hal itu karena manusia hidup secara berdampingan dengan berbagai kalangan dan status sosial yang bermacam-macam. Tentu akan ada kepuasan tersendiri jika seseorang memiliki banyak kawan. Mencari kawan pun tidaklah mudah. Bahkan lebih mudah menemukan musuh daripada menemukan seorang kawan. Oleh karena itu, terdapat cara-cara agar disukai orang lain dan dapat dengan mudah berkawan dengan orang lain melalui prinsip-prinsip tersebut.
Buku ini sangat bermanfaat bagi kita dalam berhubungan dengan orang lain apabila dianalisa secara sungguh-sungguh. Dalam membaca buku ini sebaiknya kita membaca dengan menggarisbawahi setiap ide penting, kembangkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam buku pada setiap kesempatan yang ada, dan yang paling penting kita sebaiknya menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Manfaatnya sangat saya rasakan. Terutama tingkat keegoisan sebagai individu menjadi lebih dapat dikendalikan.

1 komentar:

  1. Baca juga ya.... hhe.... Banyak manfaatnya....
    Inget kata-kata Bu Nurma...

    BalasHapus